Membangun mahasiswa menjadi sense of belonging produktif dan inovatif untuk masa depan pendidikan

 

Narasumber : Yauwan Tobing Lukiyono, S.S.T.,M.T

Moderator : Fatwia Nadhifa


Apa itu save of the logging?

 apapun yang kita lakukan dan katakan akan mencerminkan diri kita sendiri. Self of belonging merupakan perasaan yang dimiliki seseorang atau kelompok yang mempunyai rasa memiliki dalam kelompok tersebut.

 sense of the logging why penting?

 karena merupakan kebutuhan dasar terkait keadaan psikologis kesehatan mental bahkan kehidupan kesehatan fisik seseorang hal ini menjadi pondasi pembentuk diri seseorang untuk mendorong seseorang untuk termotivasi dan improve hal yang lebih baik dan berpartisipasi dalam kelompoknya.

Rasa memiliki menjadi sebuah kunci penggerak bagi anggota suatu kelompok atau perkumpulan untuk punya etos kerja yang tinggi kerja yang lebih kreatif dan mendorong produktivitas kerja yang mereka lakukan di kelompok tersebut hal tersebut akan menghasilkan keluaran yang terbaik bagi tiap-tiap anggota dan pada akhirnya organisasi tersebut dapat mencapai goalsnya.

Ada 5 prinsip self of belonging yaitu yang pertama tanggung jawab kepekaan entrepreneurship etos kerja dan konsisten. self of belonging membentuk identitas kita menjadi yang lebih baik mempengaruhi kesehatan mental dan fisik seseorang serta penggerak di tubuh kita untuk melakukan suatu hal untuk kelompok.

Lalu bagaimana cara untuk membentuk self of belonging?

Salah satu caranya yaitu dengan mengemban tanggung jawab dan kewajiban yang diberikan membangun rasa percaya dan komunikasi yang bagus antara mahasiswa atau dengan dosen. Selain itu dengan menyamakan visi misi antar mahasiswa dengan menguntungkan semua pihak lalu budayakan membuat seseorang merasa tidak ada yang terbedakan dengan latar belakang yang mereka miliki hadirkan benefit untuk orang-orang di sekitar. Bangunlah rasa produktif dan inovatif antar mahasiswa manfaat sense of beloging membentuk perilaku positif dan membentuk etos kerja yang lebih baik membentuk cinta organisasi dan loyalitas membuat bahagia dan kurangi risiko.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan dalam berorganisasi di fakultas atau di Universitas yakni salah satunya dengan mengikuti pergerakan-pergerakan mahasiswa. Salah satu contoh dari pergerakan mahasiswa adalah dengan memiliki prestasi akademik tidak harus juara namun kita harus memiliki sikap untuk aktif mengimprove skill setiap kesempatan. Selain itu prestasi yang kita miliki adalah bentuk perjuangan atau usaha untuk mencapai kesuksesan di tingkat universitas.

Tugas utama seorang mahasiswa adalah untuk belajar karena kedudukan di kampus sebagai akademisi pemikir bergerak secara logis dan terukur jangan sampai menjadi mahasiswa hanya mengulang kesalahan mahasiswa di era sebelumnya.

Luapkan opini melalui tulisan dan public speaking yang bagus serta rasa kepemimpinan.

Kurangnya self of the longing akan membuat kontribusi mahasiswa berkurang yang mempengaruhi masa depan pendidikannya.

Lalu bagaimana caranya agar kita mengendalikan self of building yang tepat dan benar yaitu dengan berpegang teguh atas asas kekeluargaan atau anti menghujat sesama karena ketika kita membentuk self of building kita membawa nama universitas sehingga nama almamater yang akan menjadi resikonya. Lalu apa yang harus kita lakukan ketika kita tidak diterima di sebuah kelompok atau organisasi hal yang pertama dilakukan adalah dengan mengevaluasi diri kita untuk menjadi yang lebih baik kenali dan pahami apa kekurangan yang ada pada diri kita dan jadikan stimulan yang lebih baik untuk mencapai suatu power menunjukkan kontribusi baik bagi sekitar.

@https://unusa.ac.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Berita Berawal dari sekolah perawat kini UNUSA jadi ikon pendidikan kesehatan di Jatim

Kesempatan sertifikasi mahasiswa