My Digital Portofolio_Resume Materi VI_Mahasiswa Unusa Berintelektual Dengan Anti Kekerasan Seksual Anti Perundungan, menjadi remaja asik tanpa usik

 



Narasumber : dr. Hafid Algristian, Sp.Kj.

Penyekatan emosi adalah langkah awal untuk kehilangan empati dengan orang lain. Penyekatan emosi terjadi ketika kita membohongi perasaan diri sendiri dengan bercanda dan lain sebagainya di tengah problem yang sedang dihadapi seseorang. Empati dapat dilatih dengan diam dan rasakan serta jangan bercanda dalam konteks yang menabrakkan dua emosi berbeda lalu kedepankan critical thinking.
Usahakan menikmati setiap momen di hari sekarang maka di masa depan kita akan mempunyai masa lalu yang indah.

Salah satu cara untuk balas dendam adalah dengan hidup yang lebih baik, karena ketika kita berusaha untuk hidup lebih baik maka di masa yang akan datang kita akan memiliki momen masa lalu yang indah dan tidak menyedihkan.
Beberapa contoh hal yang dapat menimbulkan kecemasan adalah sosial bullying yaitu digosipkan lalu orang lain ikut-ikutan tidak suka padahal tidak mengetahui apa yang sebenarnya terjadi.
Pelaku bullying biasanya merupakan seorang yang dianggap dominan di dalam satu kelompok. Sedangkan korban bullying biasanya merupakan seseorang yang minoritas dalam sebuah kelompok tertentu.
Ada 4 posisi dalam bullying yakni pelaku korban penonton serta penolong.
Hal yang dapat dilakukan ketika menemani orang yang terkena bullying adalah dengan tidak menambah beban pikiran si korban.
Hal ini berfungsi agar korban tidak bertambah beban pikiran yang berpotensi menjadikan nya lebih terpuruk.

Mengapa terjadi bullying?
Bullying terjadi karena berapa hal yaitu kurangnya empati lemahnya pengawasan serta merasa berbeda dari orang lain.
Setiap orang wajib menumbuhkan rasa empati terhadap sesama. Rasa empati dapat dibentuk dengan sangat mudah yaitu dengan melihat dan merasakan apa yang orang lain rasakan. Selain itu berpikir positif tentang orang lain juga dapat meningkatkan empati kita terhadap orang tersebut.

Lihat blog terkait :

Facebook:


Instagram :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Berita Berawal dari sekolah perawat kini UNUSA jadi ikon pendidikan kesehatan di Jatim

Membangun mahasiswa menjadi sense of belonging produktif dan inovatif untuk masa depan pendidikan

Kesempatan sertifikasi mahasiswa