Resume Materi Peran Mahasiswa Dalam Kepedulian Lingkungan Untuk Kesehatan Dan Perwujudan Indonesia Emas





 Narasumber : Muslikha Nourma Rhomadhoni, S.KM., M.Kes. 


Tidak ada cara yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas manusia suatu bangsa dibanding melalui jalur pendidikan dan pendidikan yang berkualitas adalah pendidikan yang mampu menciptakan manusia yang berkualitas, salah satunya yakni pendidikan di perguruan tinggi.

Dalam pendidikan di perguruan tinggi beberapa tekanan mengenai tugas diharapkan mampu membangun kekuatan mahasiswa dalam pembentukan skill.

Untuk mencapai sebuah kejayaan dibutuhkan kerja keras yang memadai, dalam melaksanakan tugas dengan kerja keras dibutuhkan kolaborasi yang baik dengan lingkungan yang positif. Bekal untuk menjadi seorang mahasiswa bukan hanya dibutuhkan skill tapi juga akidah.

Setiap aktivitas akan selalu beriringan dengan resiko.  ketika terpapar resiko, hal yang perlu dikenali adalah jangan dulu panik tapi kenali resiko tersebut. Hal yang perlu dilakukan selanjutnya yaitu cegah dan kendalikan resiko yang akan dihadapi lalu beraktivitas seperti biasa dan keep going.

Resiko harus di manajemen dengan baik dengan mengetahui resiko apa yang akan kita dapat dari tindakan yang akan kita lakukan. 

Beberapa hari terakhir Indonesia terkena dampak bencana di lingkungan hidupnya. Mahasiswa dituntut untuk peduli atas hal masalah yang terjadi dengan cara tertentu salah satunya yaitu dengan membentuk suatu kegiatan peduli dengan bencana dan lingkungan sekitar. 

Tantangan penyakit tidak menular di Indonesia dapat dicegah dengan bergaya hidup sehat. Hal hal tersebut yaitu pola makan, pola asuh, pola gerak, pola hidup.

Rseiko dapat terjadi dimana saja. Salah satunya kecelakaan dijalan raya yang disebabkan kelalaian berkendara. Kecelakaan dibagi menjadi 2 yaitu perilaku yang tidak aman dan lingkungan yang tidak aman. Resiko bisa kita cegah dan kendalikan.

Softskill dapat dikembangkan dari beberapa organisasi aktif kemahasiswaan. Softskill dapat diasah dengan kerja sama tim, aktif berorganisasi dll.

Hindari gaya hidup berlebihan ditengah kondisi hidup yang pas pasan apalagi terjangkit pinjaman online dan lain sebagainya.

Selalu perhatikan safety induction guna menghindari kecelakaan.

http://najwalailya.blogspot.com/2023/09/meresum-materi-mahasiswa-unusa-dalam.html

https://unusa.ac.id





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Berita Berawal dari sekolah perawat kini UNUSA jadi ikon pendidikan kesehatan di Jatim

Membangun mahasiswa menjadi sense of belonging produktif dan inovatif untuk masa depan pendidikan

Kesempatan sertifikasi mahasiswa