Resume Pancasila sebagai dasar pembangunan Indonesia Emas

 



Sunah secara bahasa adalah suatu jalan walaupun tidak diridhoi.

Jama'ah adalah sekelompok orang yang berkumpul dan bersatu diatas kebenaran berdasarkan Al-Qur'an dan hadits, dan mereka adalah parasa sahabat dan orang irabg yang setia mengikuti mereka tabiin walaupun jumlah mereka sedikit.


Jadi, arti dari ahlusunah wal jamaah adalah golongan orang yang berpegang teguh dengan Al-Qur'an dan sunah serta pemahaman dan penerapan para sahabat dalam memahami dan mengamalkan Islam. 


Nahdlatul ulama adalah suatu organisasi Islam yang mengikuti paham ahlussunah wal jama'ah. Yang didirikan oleh KH Hasyim Asy'ari berserta kyai lain dari berbagai wilayah pada 16 Rojab 1344 / 31 Januari 1926.

 Dalam Nahdlatul ulama secara spesifik nu merumuskan madzhab yang dalam berakidah mengikuti salah satu dari dua imam yaitu al Asy'ari dan Al Maturidi (Bukhara') dalam Ubudiyah mengikuti salah satu imam empat, dan dalam bidang tasawuf mengikuti salah satu dari dua imam Al Junaidi atau Al Ghazali.


Ada empat dasar prinsip Nahdlatul ulama

1. Tawassuth/ Moderat

     Suatu langkah untuk pengambilan jalan tengah bagi dua kutub pemikiran yang ekstrem. 

2. Tasamuh / Toleran

     Adanya perbedaan harus ditelaah dan dijadikan dasar dari suatu pengambilan jalan keputusan. Ditengah perbedaan harus tau pengambilan solusi sesuai dengan perbedaan tersebut. Tasamuh adalah sikap toleransi menghargai tepa sekira tenggang rasa dan saling menghargai satu sama lain. Jadikan perbedaan menjadi suatu karakter yang dapat saling mendekatkan antar manusia.

3. I' tidal

    I'tidal berarti tegak lurus yaitu dengan menyikaoi segala sesuatu dengan adik dan lurus serta sesuai pada prinsip2 keimanan dengan Istiqomah dan berpegang pada ahlusunah wal jamaah.

4. Tawazun 

   Harus bisa menimbang segala sesuatu untuk menyelaraskan antara hati dan pikiran.


Al isnaadu minaddin

Berguru dan memiliki sanad keilmuan adalah bagian dari agama. Dalam suatu proses belajar, seorang pelajar harus memiliki guru guna mencegah faham yang tidak bersanad dan tidak bertanggung jawab. Barangsiapa yang belajar tanpa guru maka dia berguru kepada setan. Sanad keilmuan sebagai ketersambungan silsilah keilmuan dari murid kepada sang guru. 

01

Hal pertama yang harus dilakukan seorang pemuda agar tetap berpegang teguh pada prinsip Nahdlatul ulama ditengah dunia yang modern adalah Dengan cara memahami zamannya lalu kenali hal apa yang dapat bermanfaat bagi diri nya dimasa depan. Selain itu juga harus tetap berpegangan pada agamanya, Alquran dan hadist dan nilai nilai keaswajaan.



https://unusa.ac.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Berita Berawal dari sekolah perawat kini UNUSA jadi ikon pendidikan kesehatan di Jatim

Membangun mahasiswa menjadi sense of belonging produktif dan inovatif untuk masa depan pendidikan

Kesempatan sertifikasi mahasiswa