SEMARAK MERDEKA DARI TIMUR PULAU JAWA

 ARTIKEL


    Kemerdekaan merupakan suatu momentum penting yang selalu disambut dengan semarak penuh syukur serta suka cita oleh rakyat dari seluruh penjuru tanah air Indonesia. Moment special ini merupakan suatu anugrah yang diberikan oleh tuhan Yang Maha Esa yang juga  menandai  berakhirnya masa penuh derita duka dari negeri penjajah yang telah berkuasa dan menindas nusantara. 17 Agustus merupakan hari spesial yang juga disebut sebagai Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang memiliki setiap cerita penuh warna dan semangat juang yang tetap terjaga. Hari bersejarah ini  mampu melahirkan suatu tradisi, adat dan budaya penyambutannya yang berbeda beda disetiap bagian tatanan Mayarakat Indonesia. Masyarakat bersuka cita menyambut hari bahagia ini dengan cara cara yang unik dan memiliki filososfi merarik, beberapa kegiatan tahunan menyambut kemerdekaan diantaranya adalah karnaval budaya, tasyakuran dan doa bersama serta berbagai perlombaan yang unik dan menarik.

    Kegiatan tersebut sudah menjadi budaya bahkan adat ayang terus dijaga dan dikembangkan disetiap tahunnya. Adapun maksud diadakannya kegiatan tersebut tak kalah unik dan menarik serta penuh makna. Secara umum kegiatan - kegiatan tersebut adalah manifestasi dari rasa syukur rakyat Indonesia atas Kemerdekaan Negara Indonesia, selain itu kegiatan seperti karnava budaya juga dimaksudkan sebagai sarana edukasi dan pelestarian budaya serta memotivasi semangat kreativitas masyarakat di setiap daerah. 

    Liburan semester genap merupakan masa liburan istimewa, mengapa? hal ini dikeranekan dengan masa liburan yang ada, mahasiswa dapat pulangf ke kampung halaman serta dapat merasakan atmosfer kemerdekaan langsung bersama keluarga dan kerabat yang berkesan dan penuh kegembiraan. Dari sinilah perjalanan menelusuri adat dan budaya semarak kemerdekaan di kota gandrung ini dimulai.  Dikutip dari Wikipedia, Banyuwangi adalah sebuah wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terletak di ujung paling utara Pulau Jawa di Indonesia dan merupakan kabupaten terluas di  Jawa Timur. Kegiatan yang disoroti akhir akhir inI dari Banyuwangi saat Hari Kemerdekaan Indonesia adalah BEC ( Banyuwangi Etno Carnival ) yang merupakan kegiatan paling ditunggu tunggu oleh para wisatawana asing maupun domestik. Menariknya, Ento Carnival di banyuwangi tak hanya dilaksanakan di tingkat  kabupateen, namun juga turut disemarakkan oleh seluruh tatanan masyarakat baik tingkat kecematan maupun desa. salah satunya yaitu di desa Tamansari Kecamatan Tegal Sari Kababupaten Banyuwangi. TMC ( Tamansari Ento Carnival ) ini dilaksanakan pada hari Minggu, 25 Agustus 2024 dengan berbagai kategori yaitu Paud/KB, TK. SD/MI dan umum. Selain TEC, Desa Tamansari juga mengadakan lomba gerak jalan yang diikuti dari tingkat SD/MI, SMA dan Umum yang juga tak kalah mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat. 

Tamansari  Etno Carnival pada tahun 2024 mengusung tema “ Bangun Desa, rakyat sejahtera”. Kegiatan ini turut dimeriahkan langsung bersama Kepala Desa Tamansari berserta keluarga. Beliau hadir dengan mengenalkan baju tradisional adat kerajaan Blambangan bersama istri dan putri kecilnya dengan menaiki kuda hias lengkap dengan para punggawa dibelakangnya. Masyarakat sangat antusias dalam menampilkan karya- karya menarik dari masing masing RT/RW.  Alunan Marcing Bandjuga turut memeriahkan kegiatan tersebut. Hal yang tak boleh dan tak pernah ketinggalan adalah penampilan berbagai kostum dan busana menarik dari para peserta TEC. Kostum kostum tersebut didominasi oleh busana Tradisional yang dikombinasikan dengan sentuhan kreativitas kombinasi modern yang menarik. Tak boleh ketinggalan, rombongan jaranan juga turut ditampilkan berserta the iconic of Banyuwangi yaitu tari gandrung jejer khas Banyuwangi. Kegiatan ini menjadi suatu moment yang paling dirindukan sepanjang tahun oleh karena itu masyarakat sangat antusias dalam berpartisipasi memeriahkan kegiatan ini.

            Selain Taman Sari Etno Carnival, Desa Tamansari juga mengadakan kegiatan lainnya yaitu lomba gerak jalan dengan berbagai kategori. Kegiatan perlombaan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 20 Agustus 2024. Lomba gerak jalan ini diikuti oleh masyarakat dari tingkat  SD/MI, SMP, dan masyarakat umum perawakilan dari masing masing RT/RW. Menurut bapak Ruli selaku ketua RT 001 mengatakan bahwa tujuan diadakan program tersebut adalah  untuk menumbuhkan dan meningkatkan  jiwa berbangsa dan bernegara dengan jiwa patriotisme dimasyarakat, baik tua maupun muda. Selain itu, lomba gerak jalan ini dimaksuskan uintuk mencari kader kader muda dari desa untuk melanjutkan minat dibidang  paskibra ataupun militer. Seluruh masyarakat, tua mapun muda terlihat sangat antusias dan bergembira menyemarakkan Hari Kemerdekaan indonesia  dengan berbagai kegiatan positif dan menyenagkan.

Dari seluruh kegiatan yang dilakukan menjelang atau pasca klemerdekaan, dengan atmosfer yang tercipta diseluruh pelosok negeri, di kota maupun di desa, di air, darat maupun udara, jiwa nasionalisme dalam setaip badan rakyart indonesia adalah nyata. Selamat Ulang Tahun Negeriku, Indonesiaku. Banyak harapan, angan dan cita cita yang harsu diraih dan diusahakan. Doa terbaik untukmu Negeri Pancasilaku. Nusantara Baru Indonesia Maju.

UNUSA 

      FOTO 







VIDEO




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Berita Berawal dari sekolah perawat kini UNUSA jadi ikon pendidikan kesehatan di Jatim

Membangun mahasiswa menjadi sense of belonging produktif dan inovatif untuk masa depan pendidikan

Kesempatan sertifikasi mahasiswa