My Digital Portofolio_ Materi IV _Tantangan dan Peluang Mahasiswa Dalam Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0

 


Narasumber : dr. Ginanjar Rahmawan

Founder RMC dan RNM

Seiring berjalannya waktu kemajuan teknologi berkembang sangat pesat. Namun kemajuan teknologi harus dibarengi dengan etika terutama pada lingkup akademisi guna mempertahankan wajah pendidikan atau akademi.

Ada beberapa contoh ai yang dapat digunakan untuk meresume bahan referensi seperti Humata, Perplexity , Consensus dan lain-lain.

Ada berapa fakta menarik mengenai teknologi AI yaitu dapat membantu untuk meresume mencatat bahkan dapat membantu penulisan suatu jurnal, dapat 100 kali lebih cepat menyediakan referensi-referensi serta menyusun bagian-bagiannya seperti contohnya pada bagian hipotesis, serta  memungkinkan pengguna nya untuk membuat kalimat yang Zero plagiarism.

Penggunaan ai yang berlebihan dapat menjadikan kita cenderung tidak percaya dengan diri sendiri atau meragukan kecerdasan kita.

Namun ada beberapa kekurangan yang AI miliki seperti contohnya yakni akses penggunaan bahasanya tidak akan sama seperti manusia. AI merupakan kecerdasan buatan yang tidak akan bisa lebih daripada manusia. Karena manusia adalah kecerdasan original sedangkan AI hanya kecerdasan buatan.

Narasumber menghimbau untuk menggunakan ai secara etis ai hanya untuk membantu namun segala ide dan originalitas ada di tangan kita. Ai hendaknya digunakan untuk hal-hal berbau produktif karena dengan menggunakan ai kita bisa dapat lebih hemat biaya dan efisiensi waktu yang baik. 

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar tidak kecanduan ai yang pertama yaitu perbanyak membaca sebagai hal yang dapat mengisi pikiran kita dengan berbagai hal-hal positif serta pengetahuan yang luas. Cara lain yang dapat digunakan yaitu dengan memperbanyak menulis dengan melatih kemampuan menciptakan tulisan yang human feeling.

AI menyediakan beberapa informasi yang dapat memicu otak untuk memunculkan ide-ide kreatif, problem solving atau sarana melatih berpikir kritis. Hendaknya AI digunakan sebagai database untuk mendukung tulisan berdasarkan info yang didapat dari database AI.

Ingat bahwa Originalitas berfikir dan kecerdasan hanya milik manusia dan AI tidak punya Kecerdasan yang sama seperti manusia.

Lihat blog terkait :

https://khusnaida.blogspot.com/2023/09/artifical-intelligence-dan-etika.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Berita Berawal dari sekolah perawat kini UNUSA jadi ikon pendidikan kesehatan di Jatim

Membangun mahasiswa menjadi sense of belonging produktif dan inovatif untuk masa depan pendidikan

Kesempatan sertifikasi mahasiswa