My Digital Portofolio_ Resume Materi V_ Strategi Menumbuhkan Critical Thinking Ability Untuk Menemukan Solusi Terbaik

 

Narasumber : Arief Abdurrahman ST.MT.

Mahasiswa diharuskan menumbuhkan sikap yang kritis atau critical thinking. Critical thinking sangat dibutuhkan baik dalam kehidupan kemahasiswaan kehidupan sosial maupun lifetime. Ketika seseorang telah mendapatkan pendidikan di jenjang perkuliahan orang tersebut harus dapat melihat perspektif lulusannya selain itu  kompetensi juga perlu diperhatikan. Lulusan yang baik adalah lulusan yang mampu berkontribusi untuk lingkungan sekitarnya. Dengan ijazah akademik dan kompetensi yang dimiliki seorang lulusan yang baik harus selalu dan senantiasa menciptakan karya dan kontribusi untuk masyarakat. Namun, harus sesuai pada standar kode etik dan norma yang berlaku.

Insan intelektual harus menjadi aktor utama yang bersama-sama memberikan solusi serta dapat menyebar manfaat di tengah masyarakat baik di tingkat nasional maupun global.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan critical thinking ability untuk menemukan solusi terbaik salah satunya yakni dengan melihat lingkungan sekitar mencari permasalahan lalu pikirkan cara untuk menyelesaikannya. Penyelesaian masalah diperlukan adanya informasi yang akurat. Ketika terjadi suatu permasalahan di lingkungan sekitar insan intelektual harus memiliki andil dalam penyelesaian permasalahan tersebut. Ada banyak contoh permasalahan salah satunya yakni kekerasan di lingkungan pendidikan sebagai seorang insan intelektual kita perlu adanya critical thinking skill untuk penyelesaian masalah. Critical thinking skill merupakan lifetime skill yang artinya hal ini akan terus kita butuhkan selama hidup. Critical thinking skill juga merupakan kunci untuk mencapai sebuah kesuksesan dalam berkarir, membangun kreativitas serta meningkatkan hubungan kerja yang baik.

Kita harus mempunyai rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan suatu permasalahan melalui nilai-nilai keilmuan yang berdasar kepada nilai keislaman. Informasi yang didapat harus disaring terlebih dahulu jangan hanya asal sharing. Masalah harus dipetakan sesuai klarifikasinya terlebih dahulu sebelum menentukan cara untuk menyelesaikannya.

Tahapan-tahapan menyelesaikan masalah :

1. Cari tau identitas dan fakta dari permasalahan yang hendak diselesaikan

2. Identifikasi dengan bantuan idealitas yang sesuai standar, dan data yang valid .

3.  Ciptakan suatu problem solving yang  sesuai dengan memunculkan solusi solusi alternatif. 


" Posisikan diri menjadi orang yang baik, baik dilingkungan circle yang baik, Istiqomah dan upgrade diri anda dan jadilah manusia yang khoirunnas anfa'uhum linnas." 


Facebook : https://www.facebook.com/unusaofficialfb

Instagram : 

https://www.instagram.com/unusa official/

Lihat Blog lainnya :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume Berita Berawal dari sekolah perawat kini UNUSA jadi ikon pendidikan kesehatan di Jatim

Membangun mahasiswa menjadi sense of belonging produktif dan inovatif untuk masa depan pendidikan

Kesempatan sertifikasi mahasiswa